Rabu, 17 Desember 2008

Mempercantik Kucing


Memandikan Kucing

Kucing pada dasarnya adalah hewan yang bisa mandi sendiri. Tapiiii, kebersihan yang tanpa air dan shampoo atau sabun adalah kebersihan yang tidak sempurna. Kucing bersihin badannya dengan jilatan lidahnya, dan itu nggak baik apabila di bulunya ada kotoran lumpur, tanah, bahan kimia beracun, dan microorganisme bersifat parasit.

Memandikan kucing baik kucing kecil atau dewasa butuh jadwal teratur. Kucing yang dimandikan seminggu sekali boleh dilakukan apabila shampoo yang dipakai adalah shampoo yang mengandung bahan alami anti alergi seperti coloidal oatmeal dan bahan lainnya dengan pH seimbang. Pemandian seminggu sekali dengan shampoo berkualitas dan bukan dengan shampoo berditerjen bisa melembutkan bulunya seperti kapas.

Jadwal pemandian dua minggu sekali sampai sebulan sekali sangat boleh dilakukan untuk kucing indoor yang nggak kelayapan main keluar rumah. Shampoo lagi-lagi memegang peranan penting. Seperti manusia saja yang kalau salah memakai jenis shampoo (walaupun harganya selangit) bisa membuat rambutnya ketombean, rontok, kering, patah-patah, pecah-pecah, kusut, dan sebagainya.


Membersihkan telinga kucing

Bersihkan telinga kucing seminggu sekali untuk mencegah infeksi telinga (otitis).

Caranya:

1. Siapkan baby oil, atau minyak pembersih telinga kucing (melalui saran dokter hewan). Jangan menggunakan alkohol, alkohol terlalu panas untuk kucing. Kapas dan cotton bud. Mangkuk kecil berisi air hangat dengan satu atau dua tetes dettol (jika ada).

2. Inilah caranya, harus dipatuhi ya! Ambil kucing anda. Sesuaikan posisi sesuka anda. Kucing bisa anda peluk dengan handuk, atau biarkan kucing berdiri dan duduk didepan anda. Ambil posisi senyaman mungkin untuk anda berdua.

3. Teteskan dua atau tiga tetes baby oil atau minyak pembersih telinga pada telinga

Menggunting kuku

Menggunting kuku kucing secara rutin bisa menghindari pecintakucing dari cakarnya saat bercanda atau saat pemberian makan rumahan pada kucing yang sebelumnya tidak diajari makan secara teratur dan dia mencakar karena ingin makan. Anda bisa menggunting kuku kucing saat kucing sedang tenang dan bersantai. Anda juga bisa melakukannya saat kucing sedang tidur. Penggunting kuku khusus kucing dan penggunting kuku untuk kuku manusia sama-sama bisa dipakai.

Caranya:

  1. Kucing saat melakukan pengguntingan kuku, saya sarankan peluk dia dengan handuk untuk mencegah pemotongan terlalu dalam yang bisa merusak produksi kukunya. Jangan membuatnya takut dengan berteriak, kucing bisa merasa anda tidak sayang padanya. Kucing ras lebih mudah dipeluk dibandingkan kucing lokal jantan atau betina yang jarang dipeluk dan hanya disayang.
  2. Taruh kucing dipelukan anda dengan posisi yang nyaman untuk anda memeriksa kukunya lalu mengguntingnya. Dan anda harus berada dalam tempat terang, jangan sampai salah menggunting hingga berdarah.
  3. Dengan sedikit menekan, cakar kucing akan keluar. Jangan menekannya kencang, anda bisa kena tabok kucing seperti yang saya alami. Latihan dua hari sebelumnya lebih baik. Kucing jadi agak terbiasa dipegang kakinya. Practice makes perfects.
  4. Lakukan pemeriksaan lebih dulu, daerah tengah kuku yang berwarna pink (merah muda) disebut daging kuku, yang apabila terpotong akan berdarah. Bila berdarah, pengobatannya amat sangat membuat panik.
  5. Setelah kuku siap di keluarkan, pegang pemotong kuku searah sama persis pisau pemotongnya dengan bentuk datar kuku. Potong ujung-ujungnya saja apabila masih takut melakukannya. Minta petunjuk dokter hewan bila sedang konsultasi untuk minta diajari cara memotong kuku. Minta juga perlihatkan caranya dengan melihat langsung dokter hewan memotong kuku kucing. Boleh minta gunting kuku, anda hanya tinggal memberanikan diri meminta. Suka ada dokter hewan yang beri harga tambahan kalau mau kucingnya di potong kuku.
  6. Sayangi kucing setiap satu potongan kuku selesai. Ada juga yang main gunting dan gunting terus sampai semua kuku terpotong rapi lalu baru kasih pujian.
  7. Kucing yang sering main diluar, lebih baik kuku kaki belakangnya biarkan saja jangan dipotong.

0 komentar:

Posting Komentar